Satu Hati dan Yamaha Semakin di Depan
Sudah dua series MotoGP 2011 digelar di Losail, Qatar dan di Jerez, Spanyol. Salah satu yang menjadi perbedaan antara MotoGP 2010 dengan MotoGP 2011 bagi kita orang Indonesia adalah ada dua pesan sponsor yang berbahasa Indonesia yaitu dari Tim Repsol Honda dengan Satu Hati nya sedang Tim yang kedua adalah FIAT Yamaha Team dengan Yamaha Semakin di Depan. Dengan dua kalimat sponsor yang menggunakan Bahasa Indonesia oleh Tim Besar seperti Tim Repsol Honda dan FIAT Yamaha Team maka para penggemar MotoGP diseluruh dunia akan melihat tulisan tersebut dan mereka akan penasaran dengan dua tulisan yang terpampang di Kendaraan kedua Team tersebut, mereka akan bertanya paling tidak ingin mengetahui arti dari tulisan tersebut dan dari negara mana tulisan tersebut. Dengan demikian secara tidak langsung dengan adanya dua kalimat sponsor yang ada di kedua Tim Besar tersebut sudah menjadi promosi bagi Bahasa Indonesia ke penjuru dunia.
Sebagai orang Indonesia sekaligus penggemar MotoGP melihat kedua kalimat tersebut yang terpampang di Kendaraan MotoGP ikut berbangga hati karena dengan demikian Bahasa Indonesia telah dipromosikan oleh Tim-Tim Besar di ajang MotoGP 2011 seperti Tim Repsol Honda dan FIAT Yamaha Team, dan itu dilihat oleh warga di seluruh penjuru dunia.
Kalau MotoGP tahun 2011 Indonesia sudah ikut andil dengan masuknya dua Kalimat sponsor dengan menggunakan Bahasa Indonesia mudah-mudahan MotoGP 2012 ada perusahaan di Indonesia ikut andil promosi di MotoGP dimana Brandnya terpampang di salah satu Kendaraan MotoGP.
Ini Suatu Kebanggaan bagi kita Bangsa Indonesia, walau hanya beberapa patah kata, tetapi Bahasa Indonesia mendapat tempat di hati penggemar olahraga sport ini, Terbukti dua season race MotoGp Qatar dan Jerez, pasti ada sekumpulan penonton yang membawa dan mengibar-ngibarkan bendera Yamaha "Semakin di Depan" dan Honda "One Heart / Satu Hati", Siapa yang membawanya ?, ya mungkin ada orang Indonesia juga, tetapi ada juga para penonton eropa juga membawa bendera dukungan tersebut.
Ini sebuah langkah yang tepat untuk mempromosikan Bahasa Indonesia, jika tahun kemarin hanya Yamaha yang menggunakan "Jargon" Berbahasa Indonesia, saat ini Honda juga telah menggunakan "Jargon" berbahasa Indonesia. Menurut pendapat saya hal ini harus mendapat Apresiasi lebih dari kita semua, Jika tahun kemarin "Semakin Di Depan" telah mendunia lewat "Jargon" Tim Yamaha Factory semoga tahun ini "Satu Hati" juga akan mendunia lewat "Repsol Honda"
Memang sih bukan kali ini saja kalimat dan kata dalam Bahasa Indonesia digunakan dalam event dunia, tetapi "Semakin di Depan" dan "Satu Hati" berbeda karena kalimat ini memang mewakili Bahasa Indonesia, bukan Merek produksi Indonesia, seperti Pertamina, Djarum, Sampoerna atau yang lainnya yang merupakan Merek Produk.